EFEKTIVITAS E-PUSKESMAS DI PUSKESMAS KASSI KASSI KOTA MAKASSAR

Dublin Core

Judul

EFEKTIVITAS E-PUSKESMAS DI PUSKESMAS KASSI KASSI KOTA MAKASSAR

Deskripsi

Di era globalisasi teknologi menjadi kebutuhan utama dalam memenangkan persaingan. Khususnya di bidang kesehatan menurut World Health Organization (WHO) salah satu building blocks pembangunan adalah sistem informasi kesehatan merupakan poin kelima dari kerangka kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan, tanggap, proteksi resiko keuangan, serta meningkatkan efisiensi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas e-Puskesmas sebagai sarana peningkatan kualitas pelayanan dan kinerja pada Puskesmas Kassi Kassi Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan informan yaitu: Pegawai bidang Perencanaan Dinas Kesehatan Kota Makassar, Kepala Puskesmas, Pegawai yang melakukan penginputan data serta pelayanan kepada Pasien, Admin, dan Masyarakat Pengguna e-Puskesmas Kassi Kassi Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas e-Puskesmas ditinjau dari segi input sumber daya manusia masih belum maksimal, baik dari SDM (Sumber Daya Manusia) Petugas maupun Masyarakat yang menggunakan e-Puskesmas. Namun dari segi sarana prasarana serta dana sudah cukup efektif. Ditinjau efektivitas dari segi proses, penggunaan fitur dalam e-Puskesmas belum efektif karena belum semua fasilitas digunakan hanya fitur seperti loket pendaftaran, poli rawat jalan, apotik, laboratorium. Belum adanya sistem pelaporan online ke Dinas Kesehatan Kota Makassar pada e-Puskesmas oleh karena itu disarankan untuk mengkoneksikan e-Puskesmas kepada pihak penerima laporan yang ada di Dinas Kesehatan Kota Makassar. Pada aspek output, belum adanya pemanfaatan e-Puskesmas oleh masyarakat, oleh karena itu disarankan untuk melakukan sosialisasi dan pembelajaran kepada Masyarakat yang lebih gencar tentang cara pemanfaatan e-Puskesmas.

Pembuat

Anwar Ganing
Muhammad Firdaus
Frida Chairunisa

Sumber

Damopolli,Yosmandi. 2013. Efektivitas Pemanfaatan Alokasi Dana Desa (Add) Di Kecamatan Kota Mobagu Selatan. Jurnal Administrasi Negara. 17. p 15-16. [online].

Fidler et al. 2011. A Theory Of Leadership Effectiveness. Mc Graw-Hill Book Company. New York.

Kumorotomo. 2004. Sistem Informasi Manajemen Dalam Organisasi-Organisasi Publik. Yogyakarta:UGM Press.

Laudon, Kenneth C and Laudon, Jane P. 2015. Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital. Jakarta:Salemba Empat.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2014. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.

Rochaety Eti,et.all. 2011. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyudi, Ahyar. 2011. Analisa Sistem Informasi Kesehatan Online Dan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS). Jakarta: Universitas Indonesia. Jurnal Sistem Informasi Kesehatan. 12. P 10-11. [online].

Widodo, Joko. 2009. Analisis kebijakan publik. Malang: bayumedia publishing.

Winarno, Wahyu Wing. 2006. Sistem Informasi manajemen. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Wirawan. 2011. Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi , dan Profesi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Penerbit

Jurnal Administrasi Negara

Tanggal

Vol 23 No 1 2017

Hak cipta

Jurnal Administrasi Negara

Bahasa

Indonesia

Hyperlink Item Type Metadata