PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL & MENENGAH (UMKM) INDONESIA ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)

Dublin Core

Judul

PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL & MENENGAH (UMKM) INDONESIA ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)

Perihal

Pemberdayaan Usaha Mikro, kecil dan Menengah (UMKM)

Deskripsi

Beberapa persoalan utama yang dihadapi oleh UMKM adalah keterbatasan infrastruktur dan akses pemerinah terkait dengan perizinan dan birokrasi serta tinggi nya tingkat pungutan. Adanya liberalisasi perdagangan seperti pemberlakuan ASEAN-China Free Trade Area (ACFTA) yang secara efektif telah berlaku tahun 2010 dan ASEAN COmmunity dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.
Tujuan Penelitian adalah mengetahui pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
Metode Penelitian yang kami gunakan adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yakni menggambarkan secara langsung fenomena yang terjadi dilapangan berdasarkan fakta dan informasi yang diperoleh.
Kesimpulan yang dari penelitian ini adalah Pemberdayan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kota Makassar era Mayarakat Ekonomi Asena ditinjau dari faktor intermediasi keuangan oleh lembaga keuangan adalah terjadi peningkatan signifikan dalam jumlah kredit untuk UMKM. Dari faktor regulator sektor riil dan fiskal oleh pemerintah dan Bank Indonesia adalah bahwa regulasi penerbitan izin usaha dikeluarkan aturan bahwa sudah didelegasikan pada tingkat kecamatan, bahna dapat sampai tingkat kelurahan dan dipandang cukup membantu pemberdayaan UMKM di Indonesia. Ditinjau dari faktor katalisator oleh lembaga pendukung UMKM dan perbankan dengan program promosi kredit khusus UMKM yang dikenal dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan masih membutuhkan sosialisasi yang pro aktif. Ditinjau dari faktor fasilitator oleh lembaga pendamping UMKM adalah melalui bantuan untuk memperoleh pembiayaan bank dan monitoring kredit dengan dibentuknya KKMB ( Konsultan Keuangan Mitra Bank), namun jumlahnya masih terbatas.Ditinjau dari faktor pelaku usaha dalam hal penyerapan tenaga kerja dipandang sangat membantu dalam mengurangi angka pengangguran meskipun menggunakan sumber daya manusia yang tidak terdidik dan terlatih.

Pembuat

Irawati Amir S.E., M.M.
Dr. Najmi Kamariah S.E., M.Si.
Dr. Wahidin M.Si.
Nuraeni Sayuti S.E., M.Si.
Dra. Gina Lucita MBA.
Ahsan Anwar S.E., M.Si
Erni Cahyani Ibrahim S.E., Ak., M.M
Bachtiar Rezkiawan Narwis, S.E.
Sekretariat :
Mariati S.Kom
Astriana S.E., M.Si.
Afid Ariyanto SAP.
M. Rizal A.Md

Penerbit

STIA LAN Makassar

Tanggal

2016

Hak cipta

STIA LAN Makassar

Format

File PDF

File PDF Item Type Metadata

Number of Attachments

1